Dekorasi Gedung

Menentukan Dekorasi Gedung Pernikahan

Pernikahan biasanya dilangsungkan dirumah atau di gedung. Namun sekarang ini semakin banyak yang melangsungkannya digedung dengan alasan lebih efisien. Namun seringkali masalah dekorasi gedung pernikahan sedikit membuat calon pengantin sakit kepala. Terlebih jika calon pengantin punya konsep tersendiri. Urusan dekorasi gedung biasanya di handle oleh WO atau Wedding Organizer yang anda sewa. Namun memang tidak ada salahnya jika anda juga punya keinginan sendiri mengenai konsep dekorasinya.

Dekorasi gedung yang akan digunakan untuk melangsungkan pernikahan cukup penting karena ini adalah momen dimana banyak orang berkumpul. Sehingga dekorasi yang nyaman, aman dan indah pun haruslah dilakukan. Dengan begitu, pengantin bisa percaya diri selama berdiri dipelaminan, dan para tamu undanganpun nyaman dengan suasana gedung pernikahan yang mereka hadiri.

Menentukan Dekorasi Yang Tepat

Sebelum menentukan dekorasi, ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan. Berikut diantaranya:

  • Sesuaikan besarnya gedung dengan jumlah tamu yang akan hadir. Pastikan agar gedung bisa menampung para tamu undangan dan tidak membuat mereka berdesakan. Akan lebih baik jika anda memilih gedung yang lebih besar dari estimasi jumlah tamu agar ada space untuk dekorasi lebih.
  • Sesuaikan dekorasi dengan konsep pernikahan yang anda gunakan. Dekorasi gedung tentunya tidak akan terarah tanpa konsep yang jelas. Maka baiknya anda diskusikan bersama WO (Wedding Organizer) tentang konsep yang ingin diaplikasikan misalnya konsep mewah, minimalis, casual, dll.
  • Pastikan tarif penyewaan gedung dan dekorasi sesuai dengan budget yang sudah anda estimasikan. Luas gedung dan tingkat kesulitan dekorasi biasanya mempengaruhi tarif. Maka sebaiknya anda diskusikan dulu mengenai kedua hal tersebut. Tentunya anda ingin gedung yang luas dengan dekorasi yang maksimal.
  • Sebaiknya anda jangan hanya memperhatikan sisi estetikanya saja. Dalam pemilihan dekorasi gedung pernikahan, kenyamanan dan keamanan juga menjadi hal yang penting baik untuk pengantin maupun tamu undangan dan orang-orang yang terlibat didalamnya. Jangan sampai ada yang terluka saat berada di gedung pernikahan karena dekorasi yang malfungsi atau tidak tepat.

 

Bagian Penting Pada Dekorasi Gedung

Berikut beberapa bagian yang harus diperhatikan dalam mendekorasi gedung pernikahan:

Pelaminan

Pelaminan adalah elemen utama dalam sebuah pesta pernikahan. Anda bisa mengusung konsep yang sesuai keinginan. Pelaminan adalah pusat perhatian sehingga dekorasinya memang lebih spesial. Pemilihan wall untuk background pelaminan pun penting agar hasil foto pernikahan anda bisa maksimal. Selain itu, faktor kenyamanan juga tidak kalah penting. Hindari pelaminan yang terlalu sempit karena akan sulit ketika akan melakukan sesi foto bersama para tau undangan.

Meja penerima tamu

Meja penerima tamu sangat penting karena inilah yang pertama kali disambangi para tamu. Pastikan untuk meletakkan meja penerima tamu pada posisi yang tepat, artinya tidak menghalangi jalannya tamu. Selain itu, letakkan kotak angpau didekat meja namun jangan sampai menghalangi lalu lalang tamu. Hiaslah meja penerima tamu ini dengan dekorasi yang simple sehingga tidak membuat tamu undangan terganggu.

Jalan menuju pelaminan

Setelah mengisi buku tamu di meja penerima tamu, biasanya para tamu undangan akan berjalan menuju pelaminan mempelai. Sepanjang jalan inilah dekorasi sangat penting untuk diperhatikan. Anda bisa mengusung konsep megah ataupun minimalis. Namun pastikan untuk menggunakan alas yang nyaman dibagian lantai. Hindari penggunaan karpet berserat karena bisa membuat tamu undangan yang memakai heels tersandung. Hindari pula menghias jalan menuju pelaminan dengan hiasan yang sampai mengganggu kenyamanan tamu.

Dekorasi Photobooth

Disetiap gedung pernikahan jaman sekarang selalu ada photobooth. Dekorasi photobooth bisa dijadikan seragam dengan tema ataupun tidak. Misalnya jika konsep keseluruhan pernikahan anda bergaya Sumatera, maka untuk photobooth anda bisa menggunakan dekorasi stree style Sumatera sehingga tidak terkesan formal dan monoton. Anda bisa menggunakan imajinasi anda dalam hal mendekorasi photobooth.

Itulah beberapa hal yang penting untuk anda perhatikan perihal dekorasi gedung pernikahan. Jika anda membutuhkan jasa untuk penyewaan dan dekorasi gedung untuk pernikahan, maka kami siap membantu untuk anda mewujudkan gedung pernikahan yang memiliki dekorasi cantik sesuai dengan gaya yang anda inginkan untuk hari spesial anda.