10 Masakan Terkenal dari Aceh

10 Masakan Terkenal Dari Aceh

Aceh merupakan salah satu daerah di pulau Sumatera yang sudah sangat terkenal. Untuk urusan makanan, Aceh punya banyak ragam masakan yang sudah terkenal kelezatannya. Maka kali ini kita akan membahas 10 masakan terkenal dari Aceh. Masakan Aceh kini banyak tersedia di berbagai tempat diluar Aceh sendiri.  

  1. Mie Aceh

Mie Aceh bisa disantap dengan dua cara yaitu dengan memakai kuah dan tidak memakai kuah. Selain mie sebagai bahan utamanya, sajian ini dilengkapi juga dengan bahan lain seperti udang, kepiting, daging, dll. Yang membuatnya berbeda dari sajian mie yang lain ialah kuahnya yang penuh dengan citarasa rempah yang kuat namun lezat untuk disantap.

  1. Gulai Kambing Aceh

Gulai kambing Aceh tentulah berbeda karena bumbu yang dipakai untuk membuat gulai kambing khas Aceh berbeda dari bumbu gulai lainnya. Daging kambing yang empuk serta kuah yang hangat dengan citarasa rempahnya yang khas, membuat para pecinta gulai pasti tidak ingin melewatkan masakan dari Aceh yang satu ini. Meskipun yang dipakai adalah daging kambing, namun anda tidak akan menemukan bau amis sama sekali karena tertutup oleh aroma rempah yang menggoda, dilengkapi dengan bawang goreng, cabe rawit dan jeruk nipis untuk menambah citarasa yang kaya.

  1. Kuah Sie Itek

Selanjutnya ada masakan Kuah Sie Itek yang merupakan olahan daging itik atau bebek khas Aceh. Bumbu khas Aceh yang digunakan membuatnya memiliki citarasa yang unik daripada gule lainnya. Masakan berkuah ini nikmat disajikan saat masih panas dengan daging itiknya yang empuk dan kuah kentalnya yang bisa mengogyang lidah.

  1. Sate Matang

Anda mungkin sudah sering mencicipi sajian sate. Namun anda juga harus mencicipi Sate Matang khas Aceh yang disajikan dengan cara yang berbeda. Sate ini memang berasal dari Matang, Bireun sehingga dinamakan Sate Matang. Sate khas Aceh ini disajikan bersama dengan kuah soto yang gurih dan saus kacang yang lezat. Sate Matang ini tidak hanya dijual di Aceh tapi sudah merambah ke kota-kota besar lainnya.

  1. Rujak Aceh

Sudahkah anda mencoba Rujak Aceh? Yang membedakan rujak khas Aceh dengan rujak lainnya ialah pemilihan buahnya dimana ia menggunakan buah Rumbia khas Aceh. Biasanya rujak ini disantap dalam keadaan dingin dicampur dengan es serut dan disiram saus rujak yang manis pedas segar.

  1. Ayam Tangkap

Selain karena namanya yang unik, masakan ini juga menghadirkan sajian kuliner ayam yang berbeda. Ini merupakan sajian ayam yang digoreng dengan cabe hijau dan daun Teumuru. Daging ayam dipotong dengan ukuran kecil kemudian tersembunyi didalam daun-daun Teumuru.

  1. Martabak Aceh

Martabak Aceh punya ciri khas tersendiri karena menggunakan roti cane sebagai kulit martabaknya dan martabaknya sendiri sepintas terlihat seperti telur dadar. Martabak ini disajikan dengan saus khas Aceh. Lezatnya masakan ini untuk disantap bersama teh atau kopi.

  1. Kuah Masam Keu-eung

Kuah masam keu-eung merupakan masakan berkuah dengan bahan utama ikan kakap. Ikan ini disajikan bersama kuah kuning yang memiliki citarasa asam dan pedas yang khas. Segarnya kuah ditambah dengan lembutnya daging ikan membuat siapapun akan ketagihan akan masakan Aceh yang satu ini.

  1. Ungkot Kemamah

Ini adalah masakan Aceh lainnya yang sangat khas. Masakan ini terbuat dari ikan tuna yang telah direbus kemudian dikeringkan lalu diiris-iris. Untuk membuatnya biasanya digunakan santan kelapa, cabai hijau, kentang, dan rempah-rempah khas Aceh. Masakan ini mudah diolah dan sederhana namun memiliki citarasa yang kaya.

  1. Kuah Pliek U

Kuah Pliek U ialah masakan khas Aceh terbuat dari berbagai macam sayuran khas Aceh yang dimasak menggunakan kuah berbumbu khas Aceh. Ini merupakan salah satu masakan yang sehat karena berbagai sayuran didalamnya mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Selain itu, citarasa kuahnya sudah pasti juara.

Itulah informasi mengenai 10 masakan terkenal dari Aceh yang harus anda coba. Jika anda berkunjung ke Aceh, cobalah list daftar masakan yang ingin anda coba cicipi. Namun sebenarnya kini masakan khas Aceh bisa dinikmati dimana saja dan kapan saja karena sudah banyak yang menjajakannya diluar Aceh.