10 Masakan Terkenal dari Bangka Belitung

10 Masakan Terkenal Dari Bangka Belitung

Bangka Belitung terkenal dengan keindahan alamnya dan sering dijadikan destinasi untuk wisata alam. Namun ternyata anda juga bisa berwisata kuline dan menjajal 10 masakan terkenal dari Bangka Belitung yang akan menjadi pembahasan kita kali ini. Tidak akan ada habisnya untuk membahas kuliner terutama dari Bangka Belitung yang kaya akan makanan khas.

  1. Lempah

Masakan khas pertama dari Bangka ialah Lempah. Ini merupakan masakan berbahan dasar makanan laut atau daging sapi yang disajikan dalam kuah kuning yang penuh dengan citarasa rempah-rempah. Ada banyak macam lempah lainnya selain lempah kuning seperti lempah darat, lempah kulat, dll. Yang membedakan adalah bahan dasar utamanya saja dimana ada pilihan ikan, daging, sayuran atau jamur.

  1. Kecalo

Kecalo adalah masakan khas Bangka yang terbuat dari udang yang kemudian difermentasikan lalu ditambah garam. Rasa dari makanan ini ialah gurih asin. Selain nikmat disantap langsung, Kecalo juga nikmat disantap sebagai pelengkap atau tambahan bumbu kuliner khas Bangka lainnya.

  1. Rusip

Rusip terbuat dari bahan dasar ikan teri dan disajikan dalam kuah. Ikan teri ini melewati proses fermentasi terlebih dahulu. Setelah difermentasi, ia dicampur dengan bumbu-bumbu dan gula jawa. Citarasa yang tersaji ialah gurih, asin, dan pedas. Masakan berkuah ini cocok untuk disantap kapanpun.

  1. Balacan

Bangka Belitung kaya akan kuliner yang khas dengan proses fermentasi, termasuk balacan ini. Bahan dasarnya ialah udang dan ikan. Balacan ini juga sering digunakan sebagai bumbu tambahan untuk membuat masakan lainnya seperti sambal khas Bangka, dll. Citarasa pedas, asin, dan gurih sangat mendominasi balacan ini ketika dicicipi.

  1. Lakso

Satu dari 10 masakan terkenal dari Bangka Belitung selanjutnya ialah Lakso yang terbuat dari bahan dasar mie. Mie ini terbuat dari tepung beras dan sagu. Kuahnya sendiri terbuat dari santan serta rempah-rempah khas Bangka sehingga menghasilkan citarasa gurih yang nikmat. Kuah kuningnya begitu kontras dengan mienya yang berwarna putih, menambah selera untuk segera mencicipinya.

  1. Pantiaw

Masakan berkuah selanjutnya ialah Pantiaw yang berbahan dasar suwiran daging ikan yang kemudian dipadukan dengan berbagai macam bumbu. Citarasa yang keluar dari masakan ini ialah pedas, gurih, dan sedikit ada rasa manis. Meskipun sederhana, namun nyatanya banyak penggemar kuliner khas Bangka Belitung ini.

  1. Sambalingkung

Sambalingkung ini mirip seperti abon. Ia terbuat dari ikan tenggiri. Meskipun mirip abon namun ada yang membuatnya berbeda yaitu serutan daging ikan tenggirinya yang berbentuk serutan pendek dengan tekstur kasar dan lebih mirip parutan kelapa. Makanan khas Bangka ini cocok untuk disantap bersama nasi putih hangat kapanpun anda mau. Rasa khas ikan tenggirinya sangat kuat dan menggugah selera.

  1. Bakmi Bangka

Ternyata Bangka juga punya olahan bakmi. Ini adalah masakan berbahan dasar mie yang dipadukan dengan kuah kaldu tulang yang gurih. Biasanya bakmi ini disajikan bersama dengan daging ayam, daging sapi, makanan laut, dan sayuran.

  1. Chap choi

Chap choi atau anda lebih mengenalnya dnegan sebutan cap cai juga ada di Bangka namun berbeda dari cap cai biasanya. Olahan chap choi khas Bangka biasanya tidak berkuah bening melainkan lebih gelap karena ditambahkan kecap manis dalam jajaran bumbu yang digunakannya. Sehingga citarasanya pun gurih dan sedikit manis. Namun untuk bahan dasarnya sama saja seperti cap cai biasanya yang sering anda nikmati.

  1. Fu Yung Hai Bangka

Fu yung hai khas Bangka berbeda dari fu yung hai biasanya yang terbuat dari terigu. Fu yung hai Bangka Belitung biasanya berbahan dasar telur dengan isian yang beragam seperti daging, seafood, dan sayuran. Fu yung hai Bangka makin mantap dengan siraman kuah saus tomat yang memiliki citarasa asam manis. Bisa juga menambahkan irisan rawit untuk membuat citarasanya semakin lengkap.

Itulah 10 masakan terkenal dari Bangka Belitung yang layak untuk dicicipi karena memiliki rasa yang khas. Masakan Bangka sedikit dipengaruhi oleh kuliner Tionghoa sehingga citarasanya pun memiliki perpaduan rasa lokal Bangka dan Tionghoa.