10 Masakan Terkenal dari Bengkulu

10 Masakan Terkenal Dari Bengkulu

Bengkulu tidak hanya dipenuhi kekayaan alam, tapi kekayaan kulinernya pun patut dijajal karena kali ini kita akan membahas 10 masakan terkenal dari Bengkulu. Mencicipi makanan khas daerah selain bisa mengenyangkan perut juga bisa meningkatkan kecintaan kita pada negeri sendiri. Yuk disimak daftar masakan lezat khas Bengkulu berikut!

  1. Lema Bengkulu

Lema ini hampir mirip dengan tempoyak karena diolah melalui proses fermentasi pula. Masakan ini dibuat dari bahan utama seperti adonan rebung dengan ikan air tawar. Adonan kemudian dibungkus daun pisang dan dibiarkan untuk difermentasi selama beberapa hari. Makanan ini banyak dijajakan bahkan dipinggir jalan. Anda bisa menikmatinya sebagai camilan.

  1. Bagar Hiu

Bagar hiu sesuai namanya ialah masakan yang berbahan dasar ikan hiu jenis punai. Ikan hiu jenis ini memiliki tekstur daging yang empuk dan tidak berbau amis. Masakan ini diolah dengan menggunakan santan kelapa. Kuah santan inilah yang menambah cita rasa bagar hiu ini sehingga rasanya lebih gurih dan nikmat.

  1. Gulai Kemba’ang

Gulai khas Bengkulu ini terbuat dari bahan utama iga sapi. Ia kemudian diracik bersama bumbu-bumbu rempah lainnya. Citarasa gurih dan kental dari gulai kemba’ang ini sangat terasa dan cocok untuk dinikmati bersama nasi putih hangat. Kabarnya, masakan ini paling sering dijadikan sebagai menu andalan buka puasa masyarakat Bengkulu.

  1. Rebung Asam Undak Liling

Masakan ini terbuat dari bahan utama batang bambu muda atau yang disebut dengan rebung. Proses memasak rebung asam ini cukup lama agar bisa menghasilkan rasa yang sesuai. Rasa asam dari masakan ini diperoleh secara alami dari rebungnya sendiri. Rebung ini dimasak bersama dengan liling atau sejenis siput sawah. Masakan ini sangat lezat dan otentik karena tidak ada duanya.

  1. Tempoyak Ikan Patin

Sumatera memang terkenal dengan kuliner tempoyaknya termasuk tempoyak khas Bengkulu ini. Bahan dasar utama tempoyak ikan patin ini tentu saja tempoyak yang merupakan fermentasi buah durian. Kemudian ikan patin juga menjadi bahan utama lainnya yang ditambahkan. Gurih lembut daging ikan patin berpadu dengan kuah tempoyak yang khas dapat membangkitkan selera makan.

  1. Pendap

Satu dari 10 masakan terkenal dari Bengkulu selanjutnya ialah pendap. Ini merupakan kudapan yang terbuat dari ikan dan dicampur dengan bahan lain seperti kencur, bawang putih, cabai giling, dan kelapa muda. Kemudian, ia dimasak dalam balutan daun talas sehingga aromanya lebih keluar. Aroma daun ini juga bisa menghilangkan bau amis ikannya sehingga pendap lebih sedap untuk dimakan.

  1. Lepek Binti

Lepek binti ialah makanan tradisional khas Bengkulu yang terbuat dari tepung ketan, garam, dan santan. Kemudian adonan ketan ini diisi dengan daging sapi giling yang sudah dibumbui santan, lengkuas, dan salam. Konsepnya hampir sama seperti lemper. Rasanya ringan namun lezat dan ia bisa dikonsumsi sebagai camilan.

  1. Kue Tat

Kue Tat ini khas dari Bengkulu. Ia biasanya dibuat ketika ada perayaan pernikahan dan acara-acara besar lainnya. Kue ini terbuat dari bahan-bahan seperti terigu, margarin, gula tepung, telur, santan, nanas, dan margarin. Ini memang berbeda dari kue tart. Namun citarasa yang keluar sangatlah lezat dan cocok untuk disantap bersama secangkir teh atau kopi.

  1. Kue Perut Punai

Bahan dasar kue khas Bengkulu ini sama seperti kue pada umumnya. Nama Punai yang berarti burung bukan berarti kue ini berbahan dasar daging burung. Penamaan punai pada kue ini dikaitkan karena bentuknya yang mirip burung punai. Ini biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh khas Bengkulu dan sudah sangat terkenal.

  1. Sirup Kalamsi

Selain makanan, Bengkulu juga punya minuman yang khas yaitu sirup kalamasi. Minuman ini teruat dari jeruk kalamsi khas bengkulu dan gula pasir. Minuman ini biasanya masih diproduksi dengan cara yang tradisional oleh masyarakat Bengkulu. Rasa manis asam segar dari minuman ini bisa menyegarkan kembali perutmu sehabis menyantap berbagai kuliner khas Bengkulu.

Itulah 10 masakan terkenal dari Bengkulu yang patut anda coba jika singgah dikota ini. Menikmati sajian nusantara tidak akan ada habisnya karena Indonesia kaya akan kuliner khas dari berbagai daerah, termasuk Bengkulu.