10 Masakan Terkenal dari Jambi

10 Masakan Terkenal Dari Jambi

Indonesia kaya akan kuliner khasnya yang kuat dengan citarasa rempah-rempah. Tidak terkecuali Jambi yang memiliki berbagai masakan khas berbumbu rempah yang mantap. Maka kali ini akan kita bahas 10 masakan terkenal dari Jambi yang harus anda coba. Jadi jangan hanya menikmati wisata alamnya tapi coba juga untuk berwisata kuliner di Jambi dan eksplor keberagaman kulinernya.

  1. Tempoyak

Tempoyak adalah masakan yang paling terkenal dari Jambi. Ini adalah masakan khas Jambi yang terbuat dari bahan dasar ikan. Yang membuatnya berbeda ialah ikan ini disajikan dalam kuah berbahan dasar durian yang telah difermentasi. Citarasanya yang dominan ialah gurih dan sedikit asam dengan aroma durian yang kuat. Anda berani coba olahan durian yang dipadukan dengan ikan ini?

  1. Sup Tulang Jambi

Di Jambi juga ada sup tulang yang tidak kalah lezat. Ini adalah kuliner khas Jambi berbahan dasar tulang sapi yang masih dibalut dengan dagingnya yang lembut. Gurihnya kaldu sapi dijamin bisa menggugah selera makan anda. Sup tulang Jambi ini akan lebih mantap disantap bersama sepiring nasi putih yang ditaburi bawang goreng.

  1. Nasi Gemuk

Jika Betawi punya nasi uduk, maka Jambi punya nasi gemuk. Ini adalah masakan yang terbuat dari beras, santan, daun pandan, daun salam dan daun jeruk. Lauk pelengkap yang akan menemani gurihnya nasi ini bermacam-macam seperti ayam goreng, telur, sambal, dll.

  1. Daging Masak Itam

Masakan khas Jambi berikutnya ialah daging masak itam. Sesuai namanya, kuliner ini memang memiliki penampilan yang gelap. Ia terbuat dari daging sapi segar yang diolah dengan berbagai bumbu seperti kelapa, kecap, kayu manis, adas manis, pala bubuk, jintan, dll. Citarasa yang mendominasi ialah gurih dan manis. Ia cocok untuk disantap bersama nasi putih.

  1. Kue Burgo

Satu dari 10 masakan terkenal dari Jambi lainnya ialah kue bargo. Ia terbuat dari campuran tepung sagu dan tepung beras yang kemudian didadar dan digulung. Kemudian ia dipotong-potong dan disajikan dengan kuah burgo. Tidak lupa ditambahkan pula pelengkap seperti telur rebus. Kuahnya burgo terbuat dari kaldu udang dan ikan yang gurih.

  1. Cumi Cah Kangkung

Untuk tumisan, Jambi punya cumi cah kangkung. Cah kangkung dari Jambi ini berbeda dengan cah kangkung lainnya karena memasukkan bahan dasar cumi kedalamnya. Meskipun sederhana, namun cah kangkung khas Jambi ini banyak penggemarnya. Ia nikmat disantap bersama nasi yang masih panas.

  1. Gulai Tepek Ikan

Ini adalah gulai ikan yang memiliki kemiripan dengan pempek Palembang. Bahan dasarnya pun tepek ikan yang diolah sama halnya seperti pempek. Hanya saja perbedaan terletak pada kuahnya dimana tepek ikan disajikan dalam kuah gulai. Kuahnya ini biasanya ditambahkan pula irisan nanas yang masam sehingga menambah citarasanya.

  1. Kue Srikaya

Kue Srikaya terbuat dari tape dan santan. Kemudian ia diolah dan diberi pewarna alami dari daun pandan. Kue srikaya khas Jambi sudah sangat terkenal dan banyak dijajakan bahkan diluar Jambi. Tekstur kue yang lembut dan citarasanya yang gurih dan legit membuatnya banyak digemari.

  1. Kue Gendus

Makanan ini terbuat dari bahan dasar tepung beras, sagu dan santan. Ditambahkan pula bumbu seperti bawang putih dan garam. Kue ini disajikan dengan taburan ayam, abon, atau udang diatasnya. Meskipun namanya kue namun citarasa gurih dan legit lah yang mendominasi dari makanan khas Jambi ini.

  1. Dodol Nanas

Dodol nanas Jambi juga sudah sangat terkenal terlebih karena Jambi merupakan daerah dengan perkebunan nanas yang luas. Citarasa dodol nanas yang legit, manis dan sedikit masam membuat dodol ini banyak dicari untuk oleh-oleh.

Jika anda berkunjung ke Jambi, maka jangan lewatkan momen untuk menikmati berbagai sajian kulinernya. Daftar 10 masakan terkenal dari Jambi diatas bisa jadi referensi anda ketika akan berwisata kuliner di Jambi. Semuanya memiliki citarasa yang tidak biasa dan bikin nagih. Bila bingung menentukan yang mana, coba lah untuk mencicipi semuanya dan rasakan sendiri kelezatannya.