10 Masakan Terkenal dari Lampung

10 Masakan Terkenal Dari Lampung

Lampung adalah kota yang tepat untuk anda menjajal berbagai kuliner khasnya yang tidak hanya tradisional tapi juga original atau otentik. 10 masakan terkenal dari Lampung yang akan kita bahas bisa jadi referensi untuk agenda wisata kuliner anda yang selanjutnya. Mari kita simak apa saja kuliner khas Lampung yang fenomenal.

  1. Geguduh

Geguduh merupakan makanan khas Lampung yang terbuat dari bahan dasar seperti pisang yang dihaluskan, tepung terigu, dan juga selai. Makanan ini berupa kue dan nikmat untuk disantap secangkir teh disore hari. Di Lampung sendiri, kue geguduh ini biasanya disajikan untuk para tamu atau saat kumpul keluarga besar.

  1. Gulai Taboh

Sumetera memang terkenal dengan masakan gulainya. Lampung sendiri punya gulai taboh sebagai ciri khasnya. Masakan yang satu ini terbuat dari kacang-kacangan, juga umbi-umbian seperti kacang hijau, kacang tanah, kentang, rebung, dan juga santan. Rasa yang muncul bertambah unik karena ditambahkan pula bahan lainnya seperti terasi dan daun sirih. Citarasa manis gurih mendominasi masakan khas Lampung ini.

  1. Engkak

Engkak adalah makanan berupa kue yang terbuat dari bahan tepung ketan, gula pasir, telur, susu, santan dan mentega. Biasanya makanan ini banyak disantap masyarakat Lampung saat sarapan. Rasa legit manis dari kue ini memang bisa membuat siapapun yang mencicipinya ketagihan. Tidak heran jika kue ini disantap hampir setiap hari oleh masyarakat Lampung.

  1. Umbu

Umbu dari Lampung ini terbuat dari rotan yang masih muda. Makanan ini memiliki citarasa yang gurih namun ada juga rasa pahit yang keluar. Bagi para pecinta masakan bercitarasa pahit seperti pare, maka umbu ini patut dicoba. Proses memasak umbu melibatkan proses merebus agar rotan muda ini lunak sebelum bisa diproses ke tahap selanjutnya.

  1. Gabing

Gabing ini merupakan satu dari 10 masakan terkenal dari Lampung lainnya yang harus dicoba. Gabing terbuat dari batang kelapa yang masih muda. Batang ini kemudian direbus hingga lunak kemudian dicampur dengan bumbu rempah khas Lampung. Gabing ini merupakan makanan berkuah dengan citarasa yang kuat dari rempah-rempah. Pada masakan gabing ini biasanya juga ditambahkan daging, jamur dan sayuran untuk melengkapinya.

  1. Bakso Sony

Bakso memang banyak dimanapun tak terkecuali di Lampung dimana ia punya Bakso Sony. Ia terbuat dari daging sapi giling yang dipadukan dengan rempah-rempah seperti lada. Bakso ini sudah menjadi ikon kota Lampung sehingga banyak para turis yang berkunjung ke Lampung untuk bisa menikmati semangkuk bakso ini.

  1. Seruit

Seruit merupakan ikan air tawar yang digoreng ataupun dibakar yang kemudian dicampur dengan bumbu khas Lampung. Yang spesial dari seruit ialah ia disantap dengan tempoyak (durian yang difermentasi dan dihaluskan bersama bumbu rempah lainnya), lalapan, dan juga sambal. Sehingga citarasa ikan ini lebih terasa berbeda.

  1. Pindang

Lampung juga punya kuliner pindang seperti daerah di Sumatera lainnya. Pindang terbuat dari ikan baik itu ikan patin, bandeng, dll. Ia dimasak bersama dengan kuah yang telah dicampur dengan berbagai rempah. Rasa gurih kuah yang ringan dan tekstur ikan yang lembut adalah paduan sempurna dari masakan ini.

  1. Sekubal

Sekubal ini terbuat dari ketan dan santan yang kemudian dibungkus menggunakan daun pisang dan dikukus. Proses pembuatan sekubal membutuhkan waktu yang tidak sebentar bahkan bisa mencapai 8 jam lamanya. Biasanya sekubal ini disajikan berdampingan dengan bumbu rendang dan tape ketan. Rasanya yang gurih dan legit memang bisa bikin nagih.

  1. Peros Masin

Masakan ini berbahan dasar ikan mujair. Ini merupakan masakan gulai namun tidak menggunakan santan. Kuahnya diperkaya dengan berbagai bumbu rempah seperti jahe, laos, kunyit, bawang dan juga tomat. Jadi ini adalah gulai ikan versi non santan khas Lampung yang memiliki citarasa ringan dan gurih.

Anda yang ingin menjajal kuliner tradisional dan otentik nusantara bisa mencoba mencicipi 10 masakan terkenal dari Lampung diatas. Masakan tradisional yang otentik seperti ini memang hanya ada di Indonesia didukung dengan melimpahnya berbagai rempah yang bisa digunakan untuk memperkaya citarasa kulinernya.