10 Masakan Terkenal dari Riau

10 Masakan Terkenal Dari Riau

Menilik tentang berbagai kuliner khas dalam negeri, begitu banyak pilihan yang tersedia karena setiap daerah memiliki ciri khas kulinernya masing-masing yang bisa menggugah selera makan anda. Makanan khas dari Riau tentunya tidak boleh ketinggalan dalam daftar wajib masakan yang harus dicoba. Maka kali ini kita akan membahas 10 masakan terkenal dari Riau.

  1. Ikan Selais Asap

Ikan asap khas Riau ini menggunakan ikan selais. Tekstur ikan yang renyah dan gurih setelah diasapi membuat ia digandrungi banyak penggemar. Biasanya ikan asap ini disajikan dengan nasi putih yang masih mengepul dan sambal merah pedas. Ini bisa jadi pilihan menu makan siang anda kali ini.

  1. Gulai Ikan Patin

Ini dia masakan khas lainnya yang sudah sangat terkenal dari Riau, gulai ikan patin. Pasokan ikan patin di Riau memang melimpah karena daerah ini diapit oleh beberapa sungai sekaligus. Gulai ini terdiri dari potongan ikan patin dalam kuah kuning dengan citarasa yang kaya akan rempah-rempah. Ikan patin baik untuk dikonsumsi karena ia rendah kolesterol.

  1. Asam Pedas Baung

Masih bertema ikan, kali ini ada asam pedas baung yang merupakan masakan khas Riau. Ikan baung yang utuh dimasak dengan berbagai bumbu seperti serai, kemiri, jahe, cabe merah, lengkuas, kunyit, dll. Perpaduan bumbu ini menghasilkan rasa yang gurih, pedas dan segar untuk disantap.

  1. Roti Canai

Sekarang ini, anda mungkin bisa melihat roti canai dijajakan diberbagai tempat diluar Riau. Ini karena roti ini kian populer. Proses pengolahan roti ini diputar sampai benar-benar tipis yang kemudian dilipat dan dipanggang dalam minyak panas. Biasanya roti canai ini disajikan dengan kari daging kambing. Anda tinggal mencocol kari dengan roti canai dan nikmati kelezatannya.

  1. Mie Lendir

Satu dari 10 masakan terkenal dari Riau selanjutnya ialah mie lendir. Ini termasuk dalam jajanan yang bisa ditemukan dimanapun layaknya mie baso atau mie ayam. Mie lendir ini terbuat dari mie kuning yang direbus beserta tauge dan telur. Sedangkan kuahnya terdiri dari bahan seperti ubi, kacang tanah, dan rempah-rempah.

  1. Sop Tunjang

Sop Tunjang ini ialah sop tulang sapi namun masih memiliki begitu banyak daging yang menempel. Dagingnya sangat lunak dan mudah untuk dilepas dari tulangnya. Sop ini semakin lezat karena disajikan dengan kuah rempah yang khas dari Riau. Untuk menambah aroma, biasanya sop ini ditaburi irisan daun bawang atau seledri. Cocok untuk dinikmati saat cuaca dingin.

  1. Riau Gong gong

Ini adalah masakan khas Riau yang berbahan dasar siput atau gong gong dalam bahasa Riau. Daging siput direbus dan kemudian disajikan bersama sambal khas Riau yang sangat pedas. Masakan ini sederhana namun kaya akan gizi. Bahkan di Riau sana masakan ini digemari kaum adam karena dipercaya bisa meningkatkan vitalitas.

  1. Mie Tarempa

Satu lagi kuliner khas Riau berbahan dasar mie yang harus anda coba. Masakan ini terbuat dari mie kuning kemudian dilengkapi dengan kecambah dan ikan laut yang dipotong-potong. Kemudian semua bahan digoreng dengan bumbu cabai yang tentunya memiliki citarasa pedas gurih yang mantap.

  1. Riau Lakse

Pilihan kuliner mie selanjutnya dari Riau ialah Riau Lakse. Ini adalah masakan berbahan dasar mie yang dimasak dengan berbagai rempah yang begitu banyak macamnya. Sehingga masakan ini disebut lakse yang memiliki arti ‘banyak’.

  1. Sop Ikan Batam

Nah untuk anda yang kurang suka masakan ikan yang berbumbu tajam, anda bisa memilih sop ikan batam yang merupakan olahan dari bahan ikan tenggiri dalam kuah bening. Kuah ini ditambah dengan air jeruk nipis dan kecap asin yang membuat citarasanya semakin gurih segar. Biasanya ditambahkan juga irisan cabai rawit untuk meningkatkan selera makan penikmatnya.

Itulah 10 masakan terkenal dari Riau sebagai rekomendasi jika anda sedang berjalan-jalan ke Riau. Masakan Riau memang didominasi oleh olahan ikan karena lokasi daerah ini yang diapit oleh beberapa sungai sekaligus membuatnya kaya akan pasokan ikan berprotein tinggi dan rendah lemak.