10 Masakan Terkenal dari Sumatera Selatan

10 Masakan Terkenal Dari Sumatera Selatan (Palembang)

Palembang merupakan salah satu daerah di Sumatera Selatan Indonesia yang memiliki kekayaan kuliner lengkap. Meskipun kuliner asli Palembang begitu banyak, namun kali ini kita akan membahas 10 masakan terkenal dari Sumatera Selatan (Palembang) yang wajib untuk dicoba.

  1. Pempek

Pempek sudah menjadi ikonnya kota Palembang. Bahkan pempek tidak hanya ditemukan di Palembang tapi diseluruh kota di Indonesia anda bisa menemukannya. Pempek merupakan olahan yang berbahan dasar ikan tenggiri. Pempek Palembang semakin lezat disajikan dengan kuah cukanya yang terbuat dari gula aren, bawang, cabai, dan asam. Citarasa manis, pedas, asam dan gurih siap memanjakan lidah.

  1. Mie Celor

Namanya memang sedikit unik, mie celor. Ini adalah masakan khas Palembang yang berbahan dasar mie. Kemudian ia disajikan dengan kuah santan yang kental. Untuk menambah citarasa, ditambahkan pula kaldu udang dan tauge pada kuah mie celor ini. Kuahnya yang sangat gurih ditambah dengan mienya yang kenyal mirip udon siap mengusir dingin.

  1. Martabak Har

Martabak har dari Palembang sekilas mirip dengan martabak telor. Namun yang membedakan adalah martabak ini disajikan bersama kuah kari yang berisi potongan kentang dan daging dengan rasa kuah yang kuat dari rempah-rempah. Cara menikmatinya yaitu dengan menyiram kuah kari langsung ke martabak daat masih panas.

  1. Lenggang

Lenggang ini sebenarnya masih satu rumpun dengan pempek. Hanya saja pengolahannya berbeda. Untuk membuat lenggang, pempek lenjer dipotong dan dicelupkan kedalam telur kemudian dipanggang atau digoreng. Masakan ini bisa dinikmati begitu saja tanpa kuah cuka dan masih terasa lezatnya ataupun dinikmati bersama cuka seperti pempek.

  1. Pindang

Satu dari 10 masakan terkenal dari Sumatera Selatan (Palembang) lainnya ialah pindang. Bahan utama pindang ialah ikan. Namun ikan yang digunakan bisa ikan apapun seperti ikan patin, gabus, ataupun tulang iga. Kemudian ikan ini diolah menggunakan bumbu rempah khas Palembang sehingga memunculkan citarasa yang manis pedas gurih.

  1. Pangsit Ikan

Kaya akan sumber makanan berprotein tinggi, ikan, Palembang juga memiliki sajian kuliner yang berbahan dasar ikan lainnya yaitu pangsit ikan. Olahan daging ikan dibungkus dengan kulit pangsit dan disajikan bersama dengan kuah gurih. Untuk menambah citarasa pedas, bisa ditambahkan irisan cabe rawit ataupun sambal ijo khas Palembang yang sudah terkenal.

  1. Gulo Puan

Gulo puan merupakan makanan khas Palembang yang dulunya hanya bisa dinikmati raja-raha dan kaum bangsawan. Ini merupakan hasil dari olahan gula dan susu. Susunya sendiri merupakan susu kerbau rawa bukan susu sapi. Makanan ini sebenarnya terkenal namun kini ia semakin redup karena semakin sedikit produsen yang memproduksi makanan ini.

  1. Taekwan

Taekwan ini mirip dengan pempek dari segi bahan dasarnya yaitu ikan dan sagu. Kemudian ia dibuat kecil-kecil dan bulat. Taekwan ini tidak disajikan dengan cuka seperti pempek melainkan kuah bening yang gurih. Makanan ini semakin lengkap ketika ditaburi seledri dan bawang goreng. Ada bihun dan jamur kuping yang biasa digunakan sebagai bahan pelengkap untuk menemani taekwan.

  1. Es Kacang Merah

Selain makanan, Palembang juga punya minuman favorit yang sudah sangat terkenal, es kacang merah. Ini merupakan perpaduan antara kacang merah yang lembut, kemudian dicampur dengan santan dan gula jawa lalu ditambah es serut diatasnya. Untuk menambah citarasa, bisa juga menambahkan sirup diatas es serutnya.

  1. Kue Dadar Jiwo

Ini merupakan olahan kue yang terinspirasi dari pempek pistel. Didalam kulitnya, ia berisi tumis pepaya muda dengan santan. Kulitnya sendiri dibuat dari bahan telur, air, dan terigu. Kemudian diatas kue dadar jiwo ini ditaburi bawang goreng dan irisan cabe merah. Ini merupakan cemilan yang cocok untuk disantap bersama secangkir kopi di sore hari.

Masakan khas Palembang didominasi oleh olahan ikan dan aneka kue lezat. Itulah 10 masakan terkenal dari Sumatera Selatan (Palembang) yang wajib untuk dicicipi sebagai referensi anda. Banyak sekali masakan yang memang sudah sangat terkenal berasal dari Palembang sehingga tidak heran jika banyak penikmat kuliner yang menggemarinya.