10 Masakan Terkenal dari Sumatera Utara

10 Masakan Terkenal dari Sumatera Utara (Medan)

Medan kaya akan sajian kulinernya yang khas dan menggoda. Maka kali ini kita akan membahas 10 masakan terkenal dari Sumatera Utara (Medan) yang bisa menggugah selera makan anda seketika. Apa saja masakan khasnya? Yuk kita simak bersama !

  1. Sate Padang Medan

Sate Padang Medan punya ciri khas tersendiri dari segi rasa dan penyajiannya. Bumbu yang digunakan untuk daging satenya kental dan bercitarasa rempah khas medan yang kuat namun tetap lezat. Saus bumbunya berwarna kuning dengan rasa gurih dilengkapi dengan taburan bawang goreng. Dagingnya pun empuk dan menambah kelezatan sate ini.

  1. Kerang rebus

Nah bagi yang suka kuliner malam, maka bisa mencoba jajan kerang rebus saat wisata malam ke Aceh. Kerang rebus khas Medan ini disajikan dengan saus kacang bumbu nanas yang diracik secara khusus beserta bahan-bahan lainnya sehingga menghasilkan citarasa saus yang unik. Kerang rebus ini bisa dinikmati dimana saja bahkan banyak pedagang kaki lima yang menjajakannya.

  1. Arsik Ikan Mas

Ini adalah masakan khas Medan yang menggunakan santan namun berbeda dengan gulai. Rasa yang dominan ialah masam karena kuah arsik ikan ini menggunakan asam glugur dan andaliman. Ada juga bawang Batak yang ditambahkan untuk memperkaya citarasanya.

  1. Mie Gomak

Kalau Aceh punya Mie Aceh, maka Medan punya Mie Gomak. Ini adalah masakan yang berbahan dasar mie yang bahan pembuat mienya hanya tersedia di Sumatera Utara saja. Mie ini juga sering disebut mie lidi karena bentuknya. Mie ini sekilas mirips eperti spageti namun memiliki ukuran yang lebih besar. Selain disantap langsung, anda juga bisa menyantap mie ini dengan kuah lontong ataupun bumbu kacang.

  1. Daun Ubi Tumbuk

Salah satu dari 10 masakan terkenal dari Sumatera Utara (Medan) selanjutnya ialah Daun Ubi Tumbuk. Ini merupakan masakan berbahan sayuran yang disajikan dalam kuah dan menjadi makanan kebangsaan orang Batak di Medan. Ini adalah daun ubi yang ditumbuk kemudian dimasak dengan santan. Masakan ini biasa disajikan dengan sambel terasi dan gulai ikan lele asap. Selain daun ubi, bahan lainnya yang dimasukkan dalam masakan ini seperti buah cempoka dan kincong.

  1. Lontong Medan

Lontong khas Medan ini disajikan dengan berbagai campuran bahan lainnya. Biasanya ia menjadi menu untuk sarapan. Masakan ini terdiri dari lontong, tauco, sambal teri kacang, mie, bumbu kacang, kuah sayur, dan kerupuk merah putih sebagai pelengkap yang wajib ada dalam seporsi Lontong Medan.

  1. Nasi ayam

Sajian nasi ini sepintas mirip seperti nasi rames. Nasi ini biasanya dilengkapi dengan sambel udang. Lauknya terdiri dari rendang daging babi, kim ci bak, serta telur kecap. Seporsi nasi ayam bisa buat anda kenyang karena lauknya yang banyak dan meriah.

  1. Martabak piring

Masakan khas Medan selanjutnya ialah martabak piring yang unik. Ini adalah martabak yang disajikan dalam porsi personal atau untuk dimakan sendiri. Bentuknya sekilas memang mirip serabi. Martabak ini disajikan dalam piring yang khas. Untuk rasanya, martabak ini tidak kalah dengan martabak porsi rame-rame pada umumnya.

9.Teh Susu Telur (TST)

Selain olahan makanan, Medan juga punya minuman khas yang bisa bikin kangen yaitu Teh Susu Telur atau orang Medan biasa menyebutnya TST. Minuman ini terbuat dari susu kental manis,teh dan telur. Pembuatannya pun unik dimana pertama yang dituang adalah susu kental manis, kemudian ditambahkan gula lalu kuning telur. Kemudian semua bahan diblender sampai berbentuk busa putih lalu dituang teh panas.

  1. Lemang

Lemang berasal dari Tebing Tinggi namun ini sudah begitu melekat dengan Medan. Makanan ini terbuat dari ketan yang dicampur dengan santan dan dimasak menggunakan bambu yang dilapisi daun pisang. Kemudian ia dimasak dalam bara api.  Aromanya yang khas dan rasanya yang legit gurih sudah pasti bisa membuat anda ketagihan.

Anda bisa menikmati berbagai pilihan masakan yang lezat khas Medan yang bahkan dibanderol dengan harga yang masih terjangkau. Itulah daftar 10 masakan terkenal dari Sumatera Utara (Medan) yang bisa jadi referensi dalam agenda wisata kuliner anda selanjutnya.