Pakaian Adat Sumatera

Pakaian Adat Sumatera Untuk Pernikahan

Pernikahan sejatinya dilakukan untuk mempersatukan dua insan. Namun disamping itu, pernikahan juga menjadi momen untuk berbagi kebahagiaan. Serba serbi pernikahan pun dipersiapkan jauh-jauh hari termasuk dalam hal pemilihan pakaian. Untuk pernikahan tradisional, biasanya menggunakan pakaian adat. Pakaian adat Sumatera untuk pernikahan tidak hanya menjadi simbol dari mempertahankan budaya sendiri tapi menunjukkan keotentikan pernikahan adat.

Pernikahan yang mengusung konsep internasional biasanya menggunakan gaun. Berbeda halnya dengan pernikahan yang mengusung konsep tradisional maka pakaian adat wajib dikenakan. Di Sumatera sendiri memiliki ciri khas atas pakaian adatnya untuk pernikahan. Sumatera dikenal dipengaruhi oleh kebudayaan bangsa Melayu sehingga konsep pakaian adatnya pun terlihat ada unsur-unsur Melayu. Kali ini kita akan membahas pakaian untuk pernikahan adat Sumatera khususnya Palembang.

Ciri Khas Pakaian Adat Sumatera

Ada beberapa ciri khas yang menjadi pakaian adat Palembang dan berikut detil penjelasannya untuk menambah referensi anda:

  • Pada dasarnya ada dua jenis pakaian pernikahan yang digunakan oleh masyarakat Palembang yaitu Aesan Pak Sangko yaitu pakaian yang dulu dipakai oleh para bangsawan yang tinggal diluar keraton. Berikutnya ialah Aesan Gede yaitu pakaian adat yang dulu dipakai oleh para bangsawan dalam keraton. Yang masih digunakan sampai sekarang ialah Aesan Gede. Pakaian ini terdiri dari beberapa item yang wajib dipakai seperti Mahkota, kembang terate, dan selendang sawit.
  • Warna khas pakaian adat Sumatera khususnya Palembang didominasi oleh warna merah dan kuning emas. Ini memang menjadi ciri khas pakaian adat Sumatera sehingga terlihat sangat otentik. Pakaiannya didominasi warna merah cerah dan untuk aksesoris atau ornamen pelengkapnya biasanya menggunakan material berwarna emas. Sehingga kesan anggun dan mewah terlihat dari pakaian adat ini. Namun sekarang ini banyak modifikasi modern yang mempengaruhi pakaian adat termasuk dalam pemilihan warna. Namun merah dan emas adalah warna otentik dan paling tradisional.
  • Penggunaan kain songket juga sering dilibatkan dalam pakaian adat Palembang. Kain songket ialah kain tenun yang dibuat dengan cara yang masih sangat manual menggunakan mesin tradisional. Kain songket digunakan mempelai pria untuk menambah aksen bawahannya sehingga celana dipadukan dengan kain songket terlihat lebih otentik. Untuk mempelai wanita, kain songket juga digunakan untuk bawahan sehingga terlihat elegan.

Tips memilih pakaian adat untuk pernikahan

Jika anda ingin menikah dengan konsep adat Sumatera khususnya Palembang, anda tentunya harus menggunakan pakaian adatnya yaitu Aesan Gede. Namun mungkin ada beberapa hal yang bisa anda sesuaikan dengan selera. Berikut tips memilih pakaian adat untuk pernikahan anda sehingga nyaman dipakai selama pesta berlangsung:

  • Pilihlah kain yang lembut dan tidak mengiritasi kulit agar anda tidak merasa terganggu selama pernikahan berlangsung. Ada kalanya calon pengantin lebih cuek dengan pemilihan bahan pakaian dan hanya fokus pada modelnya saja. Padahal kenyamanan tidak kalah dengan bagusnya penampilan.
  • Pilihlah warna yang otentik namun jika anda ingin, anda bisa menyesuaikannya dengan pilihan warna sendiri. Dalam pakaian adat Sumatera, warna otentiknya ialah emas dan merah. Namun anda bisa juga memilih warna lainnya seperti biru dan emas, ungu dan emas atau putih dan emas. Hanya saja pastikan untuk menggunakan aksesories khas adat Palembang seperti kembang terate dan mahkota yang dibalut dengan warna emas, bukan warna lainnya karena inilah ciri khas Sumatera.
  • Pastikan memilih pakaian pernikahan yang sesuai ukuran. Selain berpengaruh terhadap penampilan, ini juga berpengaruh pada tingkat kenyamanan anda. Terlebih pakaian pernikahan khususnya pakaian adat akan dikenakan selama berjam-jam karena pernikahan adat biasanya memakan waktu yang lebih lama dari pernikahan biasa.

Itulah serba serbi pakaian adat Sumatera untuk pernikahan yang bisa anda coba aplikasikan untuk acara pernikahan yang akan anda langsungkan. Jika anda tertarik, maka kami siap membantu anda untuk mewujudkan impian anda untuk bisa melangsungkan pernikahan adat Sumatera lengkap dengan semua detail yang dibutuhkan termasuk pakaian adat untuk pernikahan. Kami siap membantu mulai dari merancang konsep sampai eksekusi di hari H agar pernikahan anda menjadi momen yang tak terlupakan.