Wedding Pernikahan Jambi

Wedding Pernikahan Jambi

Semakin mengenal Indonesia maka akan semakin kita sadar bahwa kekayaan budayanya tak terhingga. Bahkan dalam urusan pernikahanpun, setiap daerah punya ciri khasnya masing-masing. Begitupun dengan wedding pernikahan Jambi yang disesuaikan dengan adat istiadatnya. Mempertahankan kebudayaan lokal salah satunya bisa dengan jalan melangsungkan pernikahan adat. Nah, kali ini kita akan membahas hal-hal yang berkaitan dengan pernikahan adat Jambi yang unik.

Proses pernikahan adat Jambi

Pernikahan adat biasanya memiliki tahapannya sendiri, mulai dari proses pra nikah. Berikut beberapa tahapannya:

  • Tahapan pertama adalah meminang atau lamaran yang biasanya dilakukan oleh pihak pria. Sebelumnya keluarga pihak pria akan melakukan pemanatuan untuk mengetahui jika si wanita sudah ada yang melamar atau tidak. Jika hasilnya sesuai dengan harapan pihak pria maka selanjutnya keluarga pihak pria akan membawa irih pinang, kopi, susu, gula, terigu, dsb untuk acara lamaran.
  • Selanjutnya adalah acara pertunangan dimana pihak pria akan membawa pakaian sepulusan, cincin pengikat untuk pihak wanita, serta sirih pinang. Acara didalamnya meliputi berbalas pantun, makan bersama dan perundingan perihal rencana pernikahan. Dalam pembicaraan ini, dibahas juga mengenai seserahan apa saja yang akan dibawa mempelai pria nanti saat upacara pernikahan. Ada juga dibahas tentang uang adat. Ada dua jenis uang adat dalam tradisi pernikahan di Jambi yaitu uang adat dan uang selemak manis. Uang adat biasanya berkisar antara 50-100 ribu saja. Sedangkan uang selemak manis biasanya disesuaikan dengan kemampuan keluarga calon mempelai pria. Uang selemak manis sendiri merupakan uang yang akan digunakan untuk membantu biaya acara resepsi nanti.
  • Selanjutnya adalah proses persiapan dimana calon pengantin mengikuti prosesi malam batangas. Itu adalah semacam mandi uap agar pengantin tidak banyak berkeringat dihari H nanti. Selain itu, calon mempelai wanita melakukan prosesi berinai dengan memerahkan kuku dengan daun pacar.

Selanjutnya dalam wedding pernikahan Jambi ialah proses upacara pernikahan dilakukan dikediaman mempelai wanita. Tahapan acara dalam pelaksaan upacara pernikahan meliputi:

  • Proses penjemputan mempelai pria yang kemudian dilanjutkan dengan tradisi tabur beras kuning, kemudian mempelai pria bersiap menghadap penghulu. Sebelum akad dimulai, mempelai wanita akan membaca Alquran.
  • Serah terima pengantin yang dilakukan setelah ijab qabul. Acara ini terdiri dari iringan musik rebana untuk mengiringi mempelai pria yang diarak menuju kamar mempelai wanita. Namun sebelum sampai dikamar mempelai wanita, mempelai pria akan dicegat oleh keluarga mempelai wanita dan disana dilakukan dialog dengan pepatah bermakna dan sakral. Kemudian pengantin bersanding di pelaminan.

Ciri khas upacara pernikahan

Dalam tata cara pernikahan adat Jambi tentunya memiliki ciri khas yang membuatnya berbeda dari pernikahan adat didaerah lainnya seperti:

  • Dalam upacara pernikahan khas Jambi, ada tarian persembahan. Tari ini disajikan dalam rangka untuk menyambut tamu kehormatan. Setiap gerakan dalam tarian ini memiliki makna dan keindahan tersendiri. Gerakan yang ditampilkan ialah gerakan berhias yang diawali dengan merias wajah. Lalu ada pula gerak alam yang terinspirasi dari gerakan elang yang sedang menari. Selanjutnya ada gerakan keriti merentang sayap, lampam bakilek, serta gerak tudung awan yang ditampilkan diakhir tarian. Setelah itu, barulah para tamu dipersilahkan duduk sambil disuguhi sekapur sirih juga setampuk pinang yang dibawa oleh dua orang penari.
  • Pakaian adat untuk pernikahan khas Jambi sekilas mirip dengan pakaian adat Palembang. Hal ini bisa jadi karena keduanya memang memiliki adat istiadat yang dipengaruhi oleh budaya Melayu sehingga masih satu rumpun. Pakaian pengantin wanita biasanya terdiri dari pakaian sepelulusan yaitu sejenis bahan kebaya. Kemudian, kain bawahannya biasanya berupa kain batik atau songket.

Melangsungkan pernikahan adat memang membutuhkan persiapan yang detail dan tidak sebentar. Ada banyak hal yang harus dipenuhi guna bisa melangsungkan pernikahan yang sesuai dengan adat. Dalam wedding pernikahan Jambi, peralatan dan tata cara pernikahan tidaklah serumit yang dibayangkan dan termasuk pernikahan adat yang cukup memudahkan kedua calon mempelai. Kami siap membantu anda untuk mewujudkan pernikahan adat Jambi yang sakral dan penuh makna mulai dari merancang perencanaan sampai pada eksekusi dihari H pernikahan anda.