Wedding Pernikahan Lampung

Wedding Pernikahan Lampung

Keberagaman suku dan budaya di Indonesia menghasilkan adat istiadat dan berbeda dalam setiap aspek kehidupan termasuk upacara pernikahan. Namun perbedaan ini bukanlah halangan melainkan kekayaan dan warisan yang perlu dilestarikan termasuk wedding pernikahan Lampung yang sarat akan nilai-nilai tradisi dan kebudayaan. Dalam masyarakat Lampung ada dua kelompok masyarakat yaitu Pepadun dan Saibatin (masyarakat yang hidup di pesisir Lampung). Namun kali ini kita akan membahas upacara pernikahan Lampung adat Pepadun.

Dalam adat istiadat masyarakat Pepadun, ada dua jenis upacara pernikahan yang bisa dilakukan yaitu cara pernikahan bisa atau pernikahan Semanda (pihal pria tidak membayar uang jujur tapi suami dan anak-anaknya kelak akan masuk dalam garis keturunan keluarga istri). Jadi jika ayah si istri meninggal, maka suaminya bisa menggantikan kedudukan mertuanya sebagai kepala keluarga terutama jika si istri adalah anak tunggal. Masyarakat Lampung sendiri mengikuti garis keturunan patrilinier.

Prosesi pra nikah

Dalam prosesi pra nikah ada beberapa tahapan yang dilakukan seperti:

  • Nindai atau proses penilaian oleh pihak keluarga calon mempelai pria terhadap calon mempelai wanita. Segi fisik dan perilaku adalah penilaian yang dilakukan pada calon mempelai wanita.
  • Be ulih-ulihan atau proses yang dilakukan setelah calon mempelai wanita dianggap memenuhi persyaratan calon mempelai pria. Dalam prosesi ini sang pria akan bertanya perihal bobot, bibit, dan bebet sang wanita serta apakah sang wanita sudah ada yang punya atau belum. Jika semuanya dirasa cocok maka tinggal dilakukan pendekatan yang lebih lanjut.
  • Bekado ialah proses dimana keluarga calon mempelai pria mendatangi kediaman sang wanita sambil membawa berbagai jenis makanan dan minuman untuk mengutarakan keinginan sang pria.
  • Nunang ialah proses melamar yang dilakukan pihak pria sambil membawa berbagai makanan dan barang. Biasanya jumlah dalam satu barang bawaan disesuaikan dengan status calon mempelai pria berdasarkan tingkatan marganya. Kemudian dilanjutkan dengan acara Nyirok atau acara mengikat pinggang sang wanita oleh orang tua sang pria menggunakan benang balutan sepanjang 1 meter.
  • Menjeu atau perundingan mengenai hal yang berkaitan dengan pernikahan nanti seperti mas kawin, uang jujur, tata cara pelaksanaan, dsb.
  • Sesimburan atau acara mengarak calon mempelai wanita menuju ke kali untuk mandi bersama para ibu sambil saling menyimbur air. Kemudian dilanjutkan dengan acara Betanges atau mandi uap dan berparas atau cukuran.

Upacara pernikahan adat Lampung

Dalam adat Lampung, biasanya pernikahan dilangsungkan dikediaman calon mempelai pria. Namun kini adat ini bisa disesuaikan dengan kesepakatan kedua belah pihak dan tidak sedikit yang melangsungkan wedding pernikahan Lampung dikediaman calon mempelai wanita.

  • Pertama adalah proses tanya jawab yang dilakukan antar perwakilan rombongan mempelai pria dan wanita. Dalam acara ini rombongan mempelai pria membawa barang seserahan berupa sirih pinang, dodol, kue, dan uang adat. Kemudian akad nikah dilaksanakan dengan khidmat.
  • Acara dilanjutkan dengan kegiatan upacara Ngekuruk yaitu saat pengantin wanita akan dibawa secara resmi ke rumah pengantin pria menggunakan Rato. Rato ialah kereta beroda empat ataupun dalam bentuk tandu. Sedangkan pengantin pria ada dibagian depan sambil memegangi tombak. Sesampainya dikediaman pengantin pria, mereka akan disambut tabuh-tabuhan sambil penaburan beras kunyit dan uang logam oleh seorang ibu.
  • Dalam upacara ini juga disediakan pasu atau wadah yang terbuat dari tanah liat dan diisi air beserta 7 jenis kembang yang disimpan didepan rumah. Ini adalah lambang agar didalam rumah tangga senantiasa ada kedamaian hati. Kemudian kaki kedua pengantin dicelupkan kedalam wadah ini. Lalu keduanya didudukan dengan kaki istri ditindih kaki suami sebagai lambang kepatuhan. Setelah itu dilakukan acara saling menyuapi, pemberian gelar, dan tabur kacang goreng atau permen.

Prosesi pernikahan adat Lampung memang terbilang meriah. Setiap tahapannya memiliki makna tertentu sehingga memang harus dilalui dengan benar. Itulah wedding pernikahan Lampung yang dipenuhi dengan rangkaian acara yang lengkap mulai dari kegiatan pra nikah sampai pasca nikah. Meskipun cukup rumit dan panjang namun ini merupakan salah satu upaya terbaik dalam melestarikan warisan budaya.