Wedding Pernikahan Sumatera Utara

Wedding Pernikahan Sumatra Utara ( batak )

Meskipun kini tengah gencar gempuran kulturalisasi dari negara-negara luar, namun tidak sedikit pasangan yang lebih memilih memakai gaya pernikahan tradisional dibanding internasional untuk mempertahankan budaya sendiri. Wedding pernikahan Sumatra Utara khususnya Batak masih banyak dilakukan para pasangan yang berasal dari suku Batak. Tidak ada yang salah dengan hal ini dan justru ini akan mampu membantu melestarikan kebudayaan dinegeri sendiri.

Sumatera Utara adalah bagian dari pulau Sumatra dan sudah terkenal akan kekayaan nilai-nilai budayanya. Nilai-nilai tersebut tidak hanya diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari namun juga pada prosesi pernikahan. Adat pernikahan suku Batak Toba dikenal sarat akan tradisi dan budaya. Hampir keseluruhan prosesi pernikahan dilakukan di hari pesta pernikahan sehingga pesta pernikahan adat Batak Toba lebih lama dibanding pernikahan adat lainnya.

Tahapan Proses Pernikahan

Ada banyak tahapan dalam proses pernikahan adat Batak selama pesta pernikahan dilangsungkan, seperti:

  • Marsibuhai-buhai merupakan acara pembuka dalam rangkaian pernikahan adat Batak. Ini adalah acara dimana mempelai pria menjemput mempelai wanita. Sambil menanti mempelai pria, pihak mempelai wanita akan melakukan doa dan makan bersama.
  • Sesampainya pihak pria ketempat mempelai wanita, mereka disambut dengan iringan musik Batak dan Marsibuhai-buhai pun dimulai dimana dilakukan acara seserahan secara simbolis. Setelah dilakukan doa bersama, kemudian rombongan menuju ke gereja untuk melakukan pemberkatan dan pesta adat.
  • Setibanya digereja, dilakukan tahapan berikutnya yaitu proses pemberkatan (Pamasu-masuon) dan pencatatan sipil. Proses pemberkatan berlangsung selama 1 jam dimana kedua mempelai mengucapkan janji pernikahan dan lanjut dengan pencatatan sipil.
  • Acara selanjutnya ialah Merunjuk yang merupakan acara puncak yang meliputi acara doa dan pemberkatan secara adat. Tubuh mempelai wanita dililitkan kain ulos pada bahu kanannya.
  • Selanjutnya adalah acara Penyambutan Hula-hula yang merupakan acara salaman yang dilakukan tamu dari sanak keluarga pihak pria dan wanita sambil diiringi musik Batak dan menari Tor tor. Tamu wanita wajib membawa Tandok atau sejenis wadah beras dari anyaman pandan diatas kepalanya. Ini diartikan sebagai simbol hadiah untuk mempelai.
  • Acara selanjutnya dalam Wedding pernikahan Sumatra Utara Pasahat Jambar atau pembagian Jambar yang berupa kepala daging atau uang pada sanak keluarga dan orang yang ada dipesta pernikahan. Setiap bagian kerbau atau babi dibagikan pada orang yang sesuai dan tidak sembarangan.
  • Marhata Sinamot adalah acara selanjutnya yang merupakan penyerahan mahar. Acara ini dilanjutkan dengan sanak keluarga pria yang menyelipkan uang pada jari-jari sanak keluarga wanita.
  • Selanjutnya acara Mangulos yaitu pemberian kain ulos yang dilakukan orang tua mempelai pada mempelai sambil memberikan doa dan wejangannya. Kemudian acara dilanjutkan dengan menyampirkan ulos yang dilakukan oleh keluarga dekat dan hula-hula kepada mempelai sebagai hadiah.

Acara Makan Bersama Yang Menjadi Simbol Kemakmuran

Dalam pesta pernikahan adat Batak, ada tradisi makan bersama. Yang unik ialah biasanya ruangan untuk acara makan bersama untuk orang Kristen dan Islam dibedakan. Hal ini karena sebagian besar jamuan makannya terdiri dari daging Babi yang haram untuk Muslim. Berbeda dari acara makan dipesta pernikahan yang berupa prasmanan, dalam adat Batak ini makanan justru diantar ke meja-meja tamu. Setiap tamu diberikan porsi nasi dan lauk yang sama. Biasanya sendok garpu tidak digunakan dalam acara makan ini.

Lalu bagaimana acara makan bersama ini menjadi simbol kemakmuran? Hal ini bisa dilihat dari bagaimana yang punya pesta menyediakan makanan dalam porsi yang banyak. Bahkan setiap orang diberikan porsi yang luar biasa. Banyak tamu yang bahkan bisa membawa makanan untuk dimakan dirumah. Hal ini menunjukkan bagaimana keluarga mempelai pengantin menunjukkan kasih sayangnya terhadap setiap tamu yang datang.

Anda tertarik untuk melangsungkan pesta pernikahan adat Batak tapi bingung dengan tahapan prosesinya yang begitu banyak ? Anda tidak perlu khawatir karena kami akan siap membantu mewujudkan wedding pernikahan Sumatra Utara (Batak) sesuai dengan harapan anda. Kami akan membantu disetiap detailnya sehingga pesta pernikahan yang meriah dan sesuai adat istiadat akan terwujud dengan sempurna.